SUMEDANGKAB.GO.ID, RSUD - Reni Nurhayati (25) tak kuasa menahan tangis di depan Wakil Bupati Sumedang dan para pejabat RSUD Kabupaten Sumedang, Rabu (10/6/2020). Reni terharu setelah suaminya, Maman Suparman (31) dinyatakan sembuh atau bebas Covid-19 setelah diisolasi ketat di RSUD Sumedang selama 42 hari.
Reni warga asal Hariang Kecamatan Buahdua itu mengungkapkan, dari pagi sebelum berangkat ke RSUD, ia terus menitikan air mata. Sehari sebelumnya, Reni menerima kabar menggembirakan dari pihak desa, bahwa suaminya bisa pulang pada Rabu ini.
"Saya terharu akhirnya bisa dipertemukan kembali dengan suami. Kami berpisah selama 42 hari," ujar Reni, yang sesekali mengusap air matanya dengan handuk kecil.
Reni menuturkan, Maman suaminya, dinyatakan positif terpapar Covid-19 setelah Maman pulang dari Jakarta ke kampung halamannya.
Maman yang di Jakarta berjualan mie ayam, setiba di Hariang dilakukan rapid test di desa. Alhasil Maman reaktif rapid. Kemudian setelah dilakukan cek SWAB Maman juga dinyatakan positif Covid-19.
Dengan prosedur penanganan, Maman akhirnya dijemput oleh tim medis ke RSUD Sumedang.
"Dari situ saya tak lagi bertemu dengan suami" ucap Reni.
Namun demikian, kata Reni, meski tidak pernah bertemu selama 42 hari, ia berkesempatan melihat Maman melalui panggilan video. 
Selama kontak melalui panggilan video itu, Reni kerap menyemangati sang suami agar bisa kuat dan tetap semangat melawan virus corona.
"Saya pernah datang sekali ke rumah sakit membawa makanan untuk dia (suami) tapi tidak bisa berkomunikasi hanya bertatap muka lewat jendela," katanya.
Kini Reni yang datang ke RSUD dengan anak semata wayangnya sangat bahagia, setelah bisa menjemput suami dari RSUD untuk pulang ke rumahnya.
Reni mengaku sepulang dari rumah sakit, ia dan suaminya akan mengadakan syukuran keluarga.
"Saya sudah tak khawatir lagi, saya senang. Mudah-mudahan suami sehat selamanya dan bisa kembali bekerja," ujarnya.
Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan yang berkesempatan hadir di RSUD menyebutkan, pihak RSUD Sumedamg menyatakan 3 orang yang terpapar Covid-19 telah bisa dipulangkan. Namun demikian meaki sudah dipulangkan tidak serta merta bebas kemana-mana.
"Tetap yah 14 hari isolasi di rumah. Kemudian masyarakat harus menerima mereka," katanya.
Pada Rabu ini pihak RSUD menyatakan 3 orang yang positif Covid-19 sudah bisa pulang dan dinyatakan sembuh. Tiga orang tersebut semuanya di isolasi selama 42 hari di RSUD. Adapaun mereka adalah berasal dari Ujungjaya sebanyak 2 orang dan asal Buahdua 1 orang.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)