JATIGEDE - Surutnya perairan Bendungan Jatigede dimamfaatkan menjadi objek foto. Suasana puing bekas tembok bangunan rumah, hamparan hijau rumput dan suasana daratan bekas perkampungan menjadi buruan para warga untuk dijadikan tempat berfoto.  Tak hanya warga suasana surutnya perairan waduk juga menjadi incaran para pehobi foto, fotografer profesional dan youtuber. "Ada momen yang menarik saat air surut, banyak yang bagus buat difoto juga untuk latar belakang foto," ujar Wikarta salah seorang pehobi foto, Selasa (29/9/2020).

Setiap tahun air bendungan selalu surut saat kemarau karena pasokan air dari sungai-sungai berkurang . Setiap tahun pula dirinya selalu mengambil foto dengan objek surutnya air. "Tahun  lalu malah tembok-tembok bekas rumah warga masih berdiri kokoh. Kemudian jalan-jalan kampung yang masih ada aspalnya. Suasana itu menjadi foto yang enak dilihat," ujarnya.

Seorang youtuber, Andri mengaku, momen surutnya air selalu dinanti. Visual surutnya air waduk memang sangat menarik diabadikan dalam bentuk video. "Justru kalau surut banyak yang bisa diambil untuk video," katanya.

Andri menyebutkan spot-spot yang menarik saat air surut diantaranya di Cibungur hingga Sukamenak, Kecamatan Darmaraja. Di seputar tugu Wado dan suasana bekas kampung Desa Cipaku. "Kami bisa melihat bekas-bekas bangunan rumah, bekas pepohonan yang lapuk hingga bekas sumur warga," ujarnya.

Ia menambahkan, meski setiap tahun suasana surut selalu di ambil videonya tapi tidak menjadi bosan. Sehingga video surutnya air malah jadi konten yang menarik dan banyak ditonton. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)