Penulis : Agun Gunawan | Editor: Vera Suciati 

JATIGEDE - Menara Kujang Sapasang di Panenjoan Desa Jemah Kecamatan Jatigede bakal memiliki 3 lantai dan dilengkapi lift. Dipuncak menara sendiri akan ada view deck untuk wisatawan menikmati pemandangan Jatigede dari ketinggian 99 meter.

"Menara Kujang Sapasang setinggi 99 meter nanti pakai lift ke atas, ada view deck-nya. Di bawahnya 3 lantai, pondasinya seperti Patung Liberty (Amerika Serikat) ada 3 lantai," kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir.

Tak hanya menikmati indahnya pemandangan Jatigede, nantinya Menara Kujang Sapasang bakal ada cafetaria, museum, dan fasilitas lainnya.

"Ini untuk memanjakan pengunjung, nanti ada 2 view dek di atasnya. Jadi bisa lihat Jatigede dari atas," ujar bupati.

Saat ini, sambung Dony, proses pemasangan menara sedang dilakukan. Bupati menyebut Menara Kujang Sapasang akan selesai dan diresmikan pada Mei 2023.

"Menara Kujang Sapasang ini anggarannya Rp 100 milyar. Anggaran dan desainnya dari Pak Gubernur Ridwan Kamil, tapi manfaatnya untuk orang Sumedang," ucapnya.

Selain Menara Kujang Sapasang di Panenjoan, destinasi wisata Buricak Burinong di Cisema Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja juga terus dikembangkan. Untuk itu, Pemkab Sumedang menjalin kerjasama dengan The Lodge Mulberry Lembang.

"Buricak burinong nanti akan dikelola oleh yang pihak profesional, The lodge Mulberry yang di Lembang. Kami sudah MoU. Nanti akan ada glamping seperti bubble box, tempat menginap. Insya Allah akan lebih indah lagi di Buricak Burinong. Mudah-mudahan berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sumedang," kata bupati. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)