GAJAH AGUNG - Selasa, (23/02/2021) Setelah meresmikan Command Center Kabupaten Sumedang yang bertempat di Lt.3 IPP Kabupaten Sumedang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo S.H. melakukan Launching Akselerasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Sumedang bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang.

Turut hadir Wakil Gubernur Jawa Barat (H. Uu Ruzhanul Ulum, S.E.), Wakil Bupati Sumedang, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Para Asisten/Staf Ahli, Kepala SKPD Kabupaten Sumedang, PT. Telkomsel Tbk, Jajaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, serta tamu undangan lainnya.

Kunjungan Menteri PANRB ini dalam rangka melakukan sinergitas layanan digital di daerah. Dalam sambutannya, Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) mengucapkan selamat datang kepada Menteri PANRB beserta seluruh jajaran di Kabupaten Sumedang. Dilanjutkan dengan, Eksplorasi Sumedang Happy Digital Region, terwujudnya Sumedang Simpati pada Tahun 2023 menuju World Class Government.

Saat ini, ASN tidak hanya dituntut untuk inovatif, namun juga harus informatif. Pemanfaatan teknologi informasi mencakup aktivitas yang saling berkaitan yaitu pengolahan data, pengelolaan informasi, dan sistem manajemen. Penerapan teknologi informasi juga diharapkan mampu memberikan pelayan yang efektif serta efisien terhadap masyarakat. Command Center merupakan pusat kendali dan monitoring data. Selain berfungsi sebagai supporting sistem bagi pengambilan keputusan pimpinan, Command Center ini juga berfungsi sebagai media analisis dan ekspose informasi.

Reformasi Birokrasi pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur," ujar Menteri PANRB. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)