CIMANGGUNG - Jum'at, (22/1/2021) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (I Gusti Ayu Bintang Darmawati) mengunjungi posko pengungsian bencana longsor di Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Kunjungan lapangan ini didampingi oleh Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM), Ketua Umum Jabar Bergerak (Atalia Praratya Ridwan Kamil), Ketua TP-PKK Kabupaten Sumedang (Hj. Susi Gantini), DinsosPPPA, BPBD, P2TP2A Kabupaten Sumedang dan lainnya.

Menteri PPPA menyampaikan bahwa kunjungannya ke posko pengungsian ingin memastikan berdasarkan mandat undang-undang tentang bencana bahwa perempuan terutama ibu hamil/ibu menyusui, anak dan disabilitas adalah kelompok rentan yang harus diprioritaskan dalam situasi bencana. "Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya, pendampingan dari Kabupaten dan Provinsi sangat luar biasa. Saya juga melihat di pos tenda-tenda yang ada didalam situasi yang sulit dimasa pandemi bagaimana tetap memaksimalkan untuk tetap jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan," ungkapnya.

Kementerian PPPA mengupayakan kerjasama dengan daerah di titik-titik pengungsian untuk membangun pos ramah anak. Artinya, bagaimana memberikan perlindungn ruang yang aman nyaman kepada perempuan dan anak ditempat pengungsian. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)