SUKAJAYA - Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini mengunjungi Makam Cut Nyak Dien di Komplek Makam Gunung Puyuh, Dusun Dago Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Menteri Risma untuk melihat kondisi lapangan tentang kesejahteraan sosial, salah satunya di Kabupaten Sumedang. Menteri Risma didampingi Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berkesempatan berziarah dan duduk di pelataran makam pahlawan nasional asal Aceh ini. Beliau juga mendoakan Cut Nyak Dhien agar ditempatkan disisi Tuhan Yang Maha Esa.

Usai berdoa, Menteri Risma melihat penataan makam dan seluruh area makam. Risma kemudian menyebutkan akan menata area makan Cut Nyak Dhieu sebagai upaya penataan makam pahlawan nasional di seluruh daerah.

"Nanti kita lihat desainnya dan mudah-mudahan kami bisa membantu (penataan). Karena dengan anggaran yang terb tas, bagaimana kita bisa menandai makam pahlawan," kata Risma.

Kunjungannya itu, kata Risma, adalah untuk menandai makam-makam pahlawan yang ada di daerah.
Dirinya juga memastikan akan adanya kemungkinan rencana pembebasan lahan untuk dibuat jalur baru ke Makam Cut Nyak Dien.

"Nanti kita lihat rencana daerahnya dulu. Saya juga mungkin harus bicarakan dengan Pemerintah Aceh, kemudian tokoh-tokoh masyarakat atau sejarawan. Sehingga makam Cut Nyak Dien ini milik bersama seluruh bangsa Indonesia," ujarnya.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengaku bersyukur atas kedatangan Mensos ke Sumedang. Menurutnya, Risma merupakan sosok yang luar biasa, karena mau turun langsung melihat kondisi di lapangan.

"Kemudian apa yang jadi kekurangannya, Bu Menteri nanti akan membantunya dari sisi penataan. Kami sudah sampaikan rencana penataan gerbang baru yang masuk makam Cut Nyak Dien, kemudian merencanakan pembebasan lahannya," tuturnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)