SUMEDANGKAB.GO.ID,KEBONJATI - Merah putih yang terbentang di tebing Gunung Kacapi Desa Kebonjati Kecamatan Sumedang Utara menjadi merah putih terbesar yang terbentang di Kabupaten Sumedang. Pantauan, pita merah putih itu bisa terlihat hingga 6 Km ke wilayah Kecamatan Cimalaka, karena berukuran panjang 27 meter dan tinggi 3 meter

Proses pemasangan merah putih berlangsung selama 2 hari, yakni Sabtu-Minggu, karena terkendala cuaca buruk dan angin kencang.

"Sebetulnya pemasangannya bisa satu hati, tapi karena cuaca buruk dan angin kencang kami sempat berhenti. Karena kami sudah komitmen sama Pak Kuwu (Kades) jangan sampai ada insiden di sini," ujar salah seorang tim pemasang merah putih, Bey Abdurahman, Minggu (16/8/2020) sore.

Ia mengatakan, pihaknya menerima ajakan langsung kepala desa untuk membentangkan merah putih raksasa. Setelah menerima ajakan itu pihaknya langsung melakukan persiapan sejak Jumat yang dimulai dari survei ke lokasi untuk menentukan titik pengibaran bendera di Tebing Puncak Gunung Kecapi.

Kemudian, pada Sabtu timnya itu mulai melakukan pemasangan dan bisa selesai pada Minggu sore, sehingga tepat pada peringatan HUT Ke-75 RI ini, bendera itu sudah bisa berkibar dengan indah.

"Pemasangannya dilakukan empat hingga lima orang tim teknis, tapi banyak teman-teman yang bantu dari Karang Taruna Linggajati, Madrakala, SMK Pemuda dan masyarakat," katanya.

Ia memastikan, hingga selesai pemasangan, semua personelnya bisa selamat dan sehat, meskipun saat berada diatas tebing terkendala cuaca buruk. Bahkan, saat turun dari Puncuk Gunung Kecapi pun mereka rela kehujanan.***(agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)