PMI - Sekretaris IDI Kabupaten Sumedang dr Rahmatullah Sidik mengatakan kondisi darurat stok darah di PMI Sumedang dapat mengancam ketersediaan darah bagi penderita thalasemia di Sumedang. “Mereka sangat membutuhkan darah rutin karena kelainan darahnya," ujar Rahmatullah Sabtu (11/7/2020).

Selain itu, kata dia, kondisi ketersediaan stok darah yang terbatas di PMI Sumedang juga mengancam bagi pasien lainnya.  "Seperti, yang mau operasi besar dan kondisi yang membutuhkan darah," katanya.

Untuk itulah dia pun menyarankan agar warga yang dalam kondisi sehat segera mendatangi unit transfusi darah PMI Sumedang. Meski adanya pandemi Covid 19, tidak menjadi halangan untuk berdonor darah. "Jangan khawatir, aman berdonor di musim wabah selama memakai protokol kesehatan," tuturnya.

Sementara itu menurut Ketua PMI Kabupaten Sumedang H Agus S Rasjidi ketersedian stok darah di PMI Sumedang saat ini memang terbatas. "Seperti, jumlah stok darah golongan darah A ada 11 labu, golongan darah B 25 labu, golongan darah O 1 labu serta darah AB 9 labu," katanya. [end]

(penerbit: sumedangkab.go.id)