SUMEDANGKAB.GO.ID , CIMALAKA - Pemerintah Desa Cibeureum Kulon dan Puskesmas Cimalaka melaksanakan kegiatan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa), bertempat di Aula Desa Cibeureum Kulon Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang.
Kepala Desa Cibereum Kulon Suhena menyampaikan tujuan kegiatan ini untuk membahas mengenai masalah kesehatan yang ada di Desa berdasarkan hasil Survei Mawas Diri (SMD) ataupun tindakan langsung petugas kesehatan di desa. Dalam hal ini desa dan masyarakat harus bekerjasama dengan Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan dengan tujuan agar mendorong kemandirian masyarakat untuk berperilaku sehat menuju masyarakat sehat mandiri.
"Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah kegiatan Musyawarah Tingkat Desa dalam rangka identifikasi permasalahan kesehatan, " kata Suhana, Rabu (25/11/2020).
Suhena menambahkan, dari hasil survey mawas diri masih terdapat rumah tanpa MCK. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah untuk perencanaan penanggulangannya terutama permasalahan kesehatan dan berharap dalam musyawarah ini mendapatkan solusi demi kesehatan bersama. 
"Dari hasil survey yang dilakukan, di Desa Cibeureum Kulon masih ada rumah yang tidak memiliki MCK, dari hasil MMD tentunya ada solusi yang kami peroleh untuk menciptakan kesehatan masyarakat, jika memang dari keluarga tidak mampu kami akan bantu bangunkan MCK dan memberi edukasi pentingnya memiliki MCK mandiri," tambahnya.*** (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)