Penulis: Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

BPBD - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang melakukan pemangkasan pohon yang berada di tepi Jalan Nasional, tepatnya sekitar Alamsari, Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara, Rabu 6 Desember 2023. Dahan pohon mahoni yang sudah rindang dan terancam jatuh dipotong petugas BPBD Kabupaten Sumedang.

Kasie Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sumedang Adang mengatakan pemangkasan dahan pohon di jalur nasional ini dilakukan dalam upaya mitigasi bencana.

"Kami antisipasi sebelum dahan pohon patah dan jatuh, maka pohon yang membahayakan kami lakukan pemangkasan," jelas Adang, Rabu, 6 Desember 2023.

Menurut Adang, pelaksanaan pemangkasan bekerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Unsur PLN dan instansii lainnya.

Lebih lanjut dikatakan Adang dalam memasuki musim hujan pihaknya juga masih akan melakukan pemangkasan pohon di daerah lainnya yang dianggap membahayakan pengguna jalan.

"Masih ada beberapa titik yang telah disurvai dan akan menyebabkan potensi bencana seperti pohon yang ada di daerah Panorama, Ciromed Kecamatan Tanjungsari dan daerah Ciherang," jelasnya. (*).

(penerbit: sumedangkab.go.id)