Penulis : Agun Gunawan| Editor: Vera Suciati 

DAMKAR - Sarana dan prasarana damkar Sumedang bertambah lagi. Setelah minggu lalu armada water supply dan alat pelindung diri (APD), kali ini, Senin (26/6/2023) siang, 1 armada mobil pancar kapasitas 4000 liter telah tiba di Sumedang. Mobil pancar ini, bersumber dari dana APBD Kabupaten.

"Mobil damkar sudah datang dan sudah bisa dioperasikan," kata Bupati Dony Ahmad Munir.

Pengadaan mobil serta APD damkar ini, kata Dony, merupakan bentuk ikhtiar Pemda Sumedang dalam mengatasi keterbatasan sarana dan prasarana pendukung petugas damkar, saat bertugas di lapangan.

"Kami ada 2 armada baru tahun ini. Termasuk mobil water supply-nya," ucapnya

Bupati menyampaikan bahwa sebelumnya telah dilakukan rapat khusus untuk memprediksi kemungkinan terjadinya kebakaran di wilayah Sumedang.

"Kami telah mengadakan rapat khusus untuk menghadapi musim kemarau ini. Berapa kemungkinan kebakaran yang akan terjadi, sehingga bisa kami antisipasi," katanya

Ia menggambarkan, peristiwa yang mengancam saat musim kemarau diantaranya kebakaran lahan, hutan, dan rumah. Meski siap mengantisipasinya, namun bupati berharap musibah tersebut tidak sampai terjadi.

"Jadi prinsipnya kami berharap tidak terjadi apa-apa. Tapi kalaupun ada kami harus sudah siap menghadapi itu," tuturnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)