SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL-Para petani di sejumlah desa di Kecamatan Jatinunggal mempersiapkan pompa air dalam mengatasi kesulitan air untuk pengairan sawah dan kebunnya. Persiapan ini dilakukan jelang musim kemarau tiba yang dikhawatirkan akan berkepanjangan. Selain itu, petani juga sebagian masih ada yang sudah memulai musim tanam.

“Petani jadi getol cari sumber air dengan mengupayakan banyak hal salah satunya menggunakan pompa air untuk menyedot air dari sungai dan mata air lainnya,” kata Wawan Karmawan, salah satu petani di Jatinungga, Rabu (12/9/2020).

Menurut Wawan, musim tanam padi ke-3 ini sebagian besar petani sudah mulai menanam padi meski curah dan intensitas hujan belum tinggi. Sumber air yang cukup dinilai bisa memenuh kebutuhan air selama ada teknologi yang bisa membantu dan memudahkan untuk mendistribusikan airnya.

"Makanya para petani yang memiliki pompa air akan saling membantu dengan petani lainnya mencari sumber air," ucapnya.

Petani lainnya kini akan mengajukan bantuan ke pemerintah daerah agar bisa segera melakukan penanggulangan kesulitan air dengan cara memberikan bantuan pompa air atau peralatan lainnya yang bisa membantu petani.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)