Penulis:  Endan Dodi Kusnaedi| Editor: Vera Suciati 

DISPARBUDPORA - Nagita Aulia Dewi, siswa SMAN Situraja menjadi satu satunya perwakilan Sumedang yang lolos seleksi paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat. Nagita akan bertugas dalam peringatan HUT RI ke 78 di Bandung bersama wakil Kabupaten/lainnya di Jawa Barat.

Kabid Pemuda Olahraga Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Hj Dedeh Rodiah mengatakan suatu kebanggaan bagi Sumedang bisa menempatkan perwakilannya dalam paskibraka Provinsi Jawa Barat.

Menurut Hj Dedeh, untuk paskibraka tingkat provinsi ini sebenarnya Sumedang mengirimkan 4 orang perwakilannya, selain Nagita ada juga M Rayhan Cahya Fihira SMA YKM Tanjungjsari, Ananda Karami SMAN Situraja dan Rifda Tsaniya Nailaturrahmah SMAN Cimanggung.

"Namun setelah melalui serangkaian seleksi, hanya Nagita yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti latihan untuk bertugas di HUT RI ke 78 tingkat Provinsi Jawa Barat," jelas Dedeh, Sabtu 3 Juni 2023.

Lebih lanjut dikatakan Dedeh, beberapa rangkaian seleksi yang harus dihadapi peserta antaralain seleksi kesehatan (general check up), psikotes, seleksi pancasila dan wawasan kebangsaan, seleksi intelegensi umum, seleksi peraturan baris berbaris, kesamaptaan dan seleksi kepribadian. 

Diakui Dedeh setiap tahun Sumedang memang selalu menempatkan perwakilannya di paskibraka Provinsi dan mudah mudahan ini menjadi penambah motivasi bagi paskibraka yunior lainnya untuk mengikuti jejak seniornya.

"Tentunya kami berharap Nagita yang menjadi satu satunya wakil Sumedang dapat menjalankan tugas dengan sebaik baiknya dan membawa harum nama baik Sumedang," tambahnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)