Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISKANAK - Kelompok tani penangkap ikan Curug Mas Desa Mekarasih ,Kecamatan Jatigede mendapat bantuan peralatan tangkap ikan. Bantuan dari Pemprov itu didistribusikan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang baru-baru ini. "Bantuan peralatan tangkap ikan ini dialokasikan dari Banprov, merupakan bantuan alih usaha budidaya ikan di keramba jaring apung (KJA)," kata Kepala Diskanak, Nandang Suparman, Senin (15/8/2022).

Bantuan yang diberikan, kata Nandang, yakni benih ikan nila sebanyak 115.000 ekor, benih ikan nilem 125.000 ekor. Kemudian bantuan jaring bentang 35 unit, dan jala lempar 10 unit. "Sebelumnya bantuan ratusan ribu benih ikan sudah disalurkan lebih dulu. Baru kemudian kemarin didistribusikan peralatan tangkap ikan," katanya.

Bantuan ratusan ribu benih ikan dan peralatan tangkap ikan ini, kata Nandang, dalam rangka membantu pemulihan ekonomi daerah pasca pandemi. "Utamanya bagi masyarakat yang terdampak Bendungan Jatigede, yang berada di sekitar Jatigede ini banyak yang beralih mata pencahariannya menjadi pencari ikan," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)