Anggota DPRD Sumedang Sumedang yang juga seorang nutrisionis atau ahli, Ely Walimah, gizi turut mengingatkan sesama rekan kerjanya soal pentingnya menjaga imunitas tubuh. Ternyata, imunitas tubuh yang prima bisa dengan sendirinya melawan virus korona yang mengakibatkan penyakit Covid 19 ini.

"Setelah ada virus korona merebak, kami banyak berdiskusi soal makanan yang sehat untuk menjaga imunitas tubuh, maka saya pun banyak memberikan penjelasan yang sebenarnya sudah banyak diketahui juga namun mungkin butuh penekanan dari nutrisionis," kata Ely.

Menurut Ely, berbicara daya imun nutrisi yang dibutuhkan harus lengkap. Sehingga metabolisme harus berjalan dengan lancar. 

"Tidak perlu mahal untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, cukup memakan makanan bervariasi dan lengkap mulai dari kebutuhan karbohidrat protein sayuran dan buah-buahan dan menjadi kebiasaan rutin dan santapan prioritas dalam asupan," kata Ely.

Selain itu, Ely menyebutkan bahwa yang terpenting setelah pemilihan makanan adalah pengolahan yang benar. Mulai dari mencuci bahan pangan di air mengalir dan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Jangan lupa juga mengimbanginya dengan olahraga.

Hal penting lainnya adalah memastikan takaran atau asupan gula dan garan dalam setiap makanan yang kita konsumsi. 

"Setiap makanan yang kita masak di rumah itu kan pasti pakai gula dan garam, nah untuk makanan selingan lainnya pastikan tidak mengandung garam dan gula banyak seperti kue-kue, gorengan dan makanan berminyak lain," kata Ely.

Itulah sebabnya penting menjaga asupan makanan dengan buah-buahan.

"Satu lagi, jangan lupa makan buah, nggak perlu yang mahal, masih banyak yang murah yang terjangkau yang bisa kita makan," kata Ely.

Ely menambahkan, ilmu gizi ini sebenarnya sudah sering disampaikan dalam berbagai agenda kegiatan pemerintah, iklan di media massa, ataupun pengumuman lainnya. Apalagi, di pemerintahan, ada PKK yang aktif bergerak ke tengah-tengah masyarakat. Namun yang tersulit adalah menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Pasalnya, hidup sehat dengan asupan makanan yang baik terkesan ribet. Selain itu, tidak enak juga. 

Namun, dalam situasi penyebaran virus yang sudah menjadi endemik, sebaiknya setiap orang memang menjaga jarak sosial. Karena ketika satu orang menjadi pembawa virus meski terlihat sehat, namun tetao berpotensi menularkan virusnya ke orang lain.***(vrs)

(penerbit: sumedangkab.go.id)