Pabrik Penggilingan Padi Kebakaran


Baca juga : Kebakaran Rumah di Dusun Bojong Desa Margajaya
Satpol PP Tertibkan Jaring Apung di Bendungan Jatigede


SUMEDANGKAB.GO.ID, CONGGEANG - Sebuah pabrik penggilingan padi di Dusun Lebaksirah RT 01 RW 02 Desa Cipamekar Kecamatan Conggeang ludes terbakar, Senin (18/5/2020) pagi. Kasatpol PP Kabupaten Sumedang, Bambang Rianto dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, pabrik penggilingan padi yang terbakar milik warga bernama Dani (40).

"Kami terima laporan pukul 04.00, dan langsung mendatangi lokasi kejadian. Api diduga berasal dari knalpot mesin penggilingan padi," katanya.

Bangunan yang terbakar seluas 10x20 meter persegi. Menurutnya, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 08.00 oleh Tim URC (Unit Reaksi Cepat) Pemadam Kebakaran Satpol PP Sumedang wilayah Conggeang yang menerjunkan 2 unit mobil damkar dan delapan orang personil.

Salah seorang saksi, Wahyar mengatakan, awal ia melihat api saat sedang berjalan kaki ke masjid. Di jalan Wahyar mencium bau asap. Saat melihat ke arah pabrik, ternyata asap sudah menggumpal.

"Waktu pertama lihat asap sudah tebal. Saya langsung teriak 'kebakaran', dan warga lainnya langsung berdatangan," tuturnya.

Tidak ada korban manusia dalam kejadian itu. Namun ikut terbakar 1 unit sepeda motor, 2 mesin diesel, 2 mesin sedot, 2 mesin pembersih padi, 5 ton beras, dan 6 ton gabah. Sebanyak 40 ton gabah berhasil diselamatkan warga. Kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta.*** (agn)


kebakaran, satpol PP

Berita Terkait