RANCAKALONG - Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Andalan Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Rancakalong Masa Bakti 2021-2024)  Rabu (3/2/2021) dilantik
Acara pelantikan dan pengukuhan dilakukan Ketua Kwarcab yang juga Wabup H Erwan Setiawan dengan mengambil tenpat di SDN Citungku Desa Nagarawangi Kecamatan Rancakalong. Adapun Ketua Mabiran Rancakalong dijabat oleh Camat Rancakalong Ili, S.Sos. Sedangkan Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Rancakalong dijabat oleh Drs. Muhtar Hendrawan.  

Ketua Kwarcab Erwan Setiawan berharap Mabiran dan Kwartir Ranting Rancakalong bisa semakin menumbuhkembangkan minat generasi muda untuk masuk Gerakan Pramuka. "Mabiran dan Ranting ini bisa terjun langsung ke Masyarakat sehingga keberadaan Pramuka bisa membantu masyarakat," jelas Erwan.

Selain itu lanjut Erwan di masa pandemi Covid 19 ini, Mabiran maupun Kwartir diharapkan dapat  memberikan edukasi kepada masyarakat, apalagi sebentar lagi akan dilaksanakan penyuntikan vaksin Covid-19 sehingga masyarakat tidak termakan berita hoax tentang vaksin tersebit," tambahnya.

Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Rancakalong Ili dalam kesempatannya melaporkan, kegiatan kepramukaan di Rancakalong berjalan sesuai ketentuan walaupun sekarang terkendala dengan Pandemi Covid-19. "Alhamdulilah saya kira khususnya Ketua Kwaran Rancakalong sudah malang melintang di kepramukaan. Insyaallah akan lebih baik lagi," katanya.

Ia berharap bahwa sesuai ikrar yang telah dibacakan, ke depannya bukan hanya menambah keterampilan belajar saja tetapi benar-benar dilaksanakan di lingkungan masyarakat. 

Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Rancakalong Muhtar Hendrawan mengatakan, terpilihnya kembali selama tiga periode  menjadi Ketua Kwaran di Rancakalong merupakan kepercayaan yang harus ia pertanggungjawabkan. Adanya pandemi Covid 19 memang sedikit menggangu terhadap kegiatan gugus depan. "Awalnya di tahun 2020 kami akan melaksanakan kegiatan Jamran, dimana kegiatan ini sangat dinantikan,, namun karena situasi pandemi, jadi tidak bisa dilaksanakan. Mudah-mudahan pandemi ini bisa segera berakhir sehingga kegiatan pramuka bisa dapat berjalan lagi," jelasnya. [edk]

(penerbit: sumedangkab.go.id)