RANCAKALONG - Para peternak sapi merasa terbantu dengan adanya musim panen padi, pasalnya mereka tak perlu repot repot mencari pakan untuk hewan ternaknya.
Tak heran dimanapun ada yang panen padi, para peternak pasti memburunya sekalipun lokasinya agak jauh. Seperti di katakan Agus (47) salah seorang peternak sapi asal Cikawao Desa Sukawangi Pamulihan ini yang sengaja mencari jerami ke daerah Desa Pangadegan, Rancakalong. "Lumayan sih jaraknya jauh juga tetapi karena butuh, ya diburu untuk pakan sapi piaraan saya," kata Agus, Senin (20/9/2020).

Musim panen padi yang tidak bersamaam di beberapa di daerah memang sangat menguntungkan bagi peternak sapi seperti dia yang mengandalkan pakan mencari sendiri. "Alhamdulilah tidak susah juga mencari jerami asalkan mau mencari sekalipun jauh," katanya.

Dijelaskqn Agus dalam mencari jerami ke.lokasi yang jauh biasanya pergi secara rombongan sekitar 5 motor bahkan bisa lebih. Para pemilik sawah biasanya juga suka senang kalau ada rombongan yang ngarit jerami, pasalnya sebelum mengangkut jerami, ia dan rekan rekannua membantu ngarit dan ngagebot padi sehingga proses panen bisa lebih cepat. Agusi saat ini memelihara 5 ekor sapi, selain memelihara sapi betina untuk anakan juga memelihara sapi jantan untuk dijual. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)