Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

DISDIK - Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang menghimbau kepada panitia Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) agar senantiasa menjalankan tugasnya dengan baik. Sekretaris Dinas Pendidikan, Eka Ganjar mengatakan, pihaknya menekankan kepada satuan pendidikan agar memberikan persembahan terbaik untuk peserta didik baru di tahun ajaran baru 2023-2024. "Insyaallah tanggal 17 Juli 2023, satuan pendidikan khususnya tingkat SD dan SMP akan melaksanakan MPLS. MPLS ini sangat penting dilaksanakan agar peserta didik mengenal lingkungan sekolah," kata Eka, Senin (10/7/2023).

Eka menggambarkan, berdasarkan pengalaman di Sumedang, kegiatan MPLS berjalan lancar sesuai yang diharapkan. "Jadi nanti pada saat hari pertama mulai sekolah selama 3 hari, MPLS ini sebagai awal dari proses belajar yang menyenangkan sesuai dengan kurikulum merdeka belajar," ujarnya.

Lebih lanjutnya, pihaknya juga menghimbau agar orang tua siswa bisa mempercayakan sepenuhnya proses KBM kepada para guru. Sehingga tugas orang tua di sekolah hanya sekedar antar jemput anak. "Hari pertama dan kedua, itu boleh-boleh saja orang tua siswa memantau putra-putrinya. Akan tetapi di hari ketiga, kami himbau agar menunggu diluar sekolah saja. Supaya tidak menggangu konsentrasi dan kondisi psikologis peserta didik baru," tuturnya. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)