SUMEDANGKAB.GO.ID.,TANJUNGKAERTA - SMAN Tanjungkerta memasang sejumlah kamera pengawas CCTV untuk memantau pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM). Layar monitor CCTV yang berada dekat ruangan lobi sekolah bisa digunakan untuk memantau secara langsung PTM di setiap kelas.

Kepala SMAN Tanjungkerta, Jajat Sudrajat mengatakan, CCTV dipasang supaya pihaknya bisa memantau jika ada siswa yang tidak menerapkan protokol kesehatan.
"Proses PTM di setiap kelas itu dimulai sejak pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB. Sehingga, jika ada siswa yang tidak menerapkan protokol kesehatan saat belajar di kelas bisa terlihat dengan jelas," katanya, Senin (9/11/2020).
Jajat mengatakan, CCTV yang dipasang di setiap kelas itu untuk memantau aktivitas siswa saat jam-jam rawan terjadi kerumunan, terutama saat mereka berada di kelasnya masing-masing.
"Seperti pergantian jam pelajaran dan pergantian guru. Jadi, mereka itu dipantau di ruang monitor," ujarnya.
Dengan cara seperti itu, kata Jajat, semua aktivitas para siswa saat berada di dalam kelas bisa terpantau dengan baik oleh guru-guru yang yang sedang piket.
Ia mengatakan, jika ada siswa yang terekam dalam CCTV melanggar protokol kesehatan, seperti berkerumun hingga bersentuhan dengan siswa lain, maka guru piket akan langsung mendatangi untuk memberikan teguran.*** (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)