MEKARJAYA -  Jalan Bojong-Panyirapan yang berada di Desa Jatimulya dan Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara Minggu (17/1/2021) tampak tetlihat lengang. Padahal biasanya setiap hari Minggu jalan tersebut ramai menjadi arena pasar dadakan.

Iyan (50) salah aeorang warga sekitar mengatakan untuk pasar dadakan setiap hari minggu tidak akan beroperasi dalam dua pekan. Ditambahkannya minggu kemarin ada pengumuman dari pihak Satpol PP bahwa pasar sementara dihentikam dalam dua pekan sehubungan dengan penerapan PPKM di Kabupaten Sumedang. "Dari hari ini memang benar libur tak ada aktifitas pasar dadakan di jalur jalan tersebut" jelas Iyan.

Sementara yang sengaja jalan jalan di jalur Panyirapanpun tampak sedikit, mungkin karena tidak adanya pedagang yang biasa mangkal di sepanjang jalan tersebut.
Secara terpisah Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang undangan Daerah Dinas Satpol PP Sumedang Yan Mahal Rizzal membenarkan jika selama pelaksanaan PSBB proporsional tanggal 11-25 Januari keberadaan pasar dadakan di jalur jalan baru Bojong Panyirapan ditutup. "Penutupan sementara pasar dadakan di jalan tersebut dilakukan dalam upaya memutus mata rantai covid 19 dimana saat ini jumlah kasus positif di Sumedang mengalami peningkatan," kata Rizzal.

Ditambahkan Rizzal sebelum.pemberlakuan PSBB proposional, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada para pedagang agar mereka paham dan mengerti sehingga tidak memaksa berjualan. "Nanti kami lihat perkembangannya hingga pekan depan apakah pasar dadakan ini akan diperbolehkan lagi atau masih ditutup sementara, tergantung kebijakan pemerintah daerah," katanya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)