Pasien 12 Asal Ganeas Sembuh dan Bisa Pulang


Baca juga : Forkopimka Cimanggung Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Pasien 02 Covid-19 Sembuh Bisa Pulang
Harum Talas Rebus Sukawening Tercium dari Jarak Jauh
Pasien 12 Asal Ganeas Sembuh dan Bisa Pulang


RSUD - Satu pasien terkonfirmasi Covid-19 sembuh dan bisa pulang, Minggu (5/7/2020). Pasien nomor 12 asal Ganeas dinyatakan sembuh setelah masuk karantina di RSUD Sumedang sejak 11 Mei 2020.

Kepulangannya diantar oleh tim dari RSUD Sumedang dan diterima keluarganya serta Kepala Desa Sukawening, perwakilan Puskesmas Ganeas, Babinkamtibmas dan para tetangga. Pasien 12 yang berusia 24 tahun ini harus menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari,kata Humas RSUD, Iman Budiman.

Saat ini tinggal 2 orang lagi yang menjalani karantina di RSUD Sumedang yaitu pasien nomor 11 asal Tomo dan pasien 13 asal Darmaraja. Rencananya swab ulang untuk pasien 11 dan 13 dilaksanakan Senin (6/7/2020) besok. Dari 13 pasien Covid-19 sudah sembuh 11 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupateng Sumedang, Iwa Kuswaeri mengatakan , pasien asal Ganeas merupakan anak buah kapal (ABK) di sebuah kapal pesiar yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya ABK tersebut bekerja di Amerika dan diketahui terkonfirmasi positif Covid-19  dari hasil swab test saat pulang ke Sumedang. Pasien tersebut bisa dinyatakan sembuh setelah dilakukan lima kali swab test dengan hasil dua kali negatif, sehingga jika melihat hasil itu dia bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19. "Jadi, dari hasil swab test itu dia pernah negatif lalu positif lagi. Kemudian yang terakhir hasilnya negatif, akhirnya dia bisa keluar (pulang)," katanya.

Tetap waspada untuk menjalankan 3 M, memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak jangan berkerumun, selalu mencuci tangan memakai sabun/hand sanitizer serta menjalankan pola hidup bersih dan sehat. [agn]

 


Covid-19, Sembuh, Ganeas, ABK

Berita Terkait