DISBUDPARPORA - Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) pada peringatan Hari Ulang Tahum (HUT) ke-75  RI  tingkat Kabupaten Sumedang akan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

Menurut Kasie Pemuda Disbudparpora Sumedang Beni Ahmad untuk paskibraka dalam peringatan HUT RI tahun ini sangat minimalis sekali dimana jumlahnya hanya tiga orang. "Kalau biasa jumlah Paskibraka bisa puluhan orang, untuk tahun ini karena dalam masa pandemi Covid petugasnya hanya 3 orang yaitu petugas yang akan menggerek bendera saja," kata Beni Selasa (21/7/2020).

Ketiga orang yang akan bertugas sebagai pengibar bendera ini berasal dari paskibraka tahun 2019 lalu. Menurut Beni, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PPI Kabupaten Sumedang untuk petugas yang akan bertugas dan PPI menyatakan siap. Dipilihnya tiga petugas yang akan melaksanakan tugas saat peringatan HUT RI ini dasarnya Surat dari Kemenpora. "Penentuan petugas yang hanya tiga orang ini memang bukan tanpa alasan, tapi atas petunjuk dari Kemenpora, " kata Beni.

Lebih lanjut dikatakan Beni, untuk tahun 2020 ini, Pemkab Sumedang memang tidak menggelar seleksi calon anggota Paskibraka walaupun yang telah mendaftar cukup banyak.  "Tidak dilaksanakannya seleksi sesuai SE Kemenpora dan bersifat nasional sehubungan pandemi covid 19," jelas Beni. (end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)