CIMALAKA - Tahun 2020 Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus secara online pada tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Pemerintah Desa Cibeureum Kulon, Kecamatan Cimalaka  menyiapkan tujuh orang petugas sensus dari tiap lingkungan RW untuk memandu masyarakat dalam mengisi Sensus Penduduk tahun 2020.

Penjabat Kepala Desa Cibeureum Kulon, Suhena menyampaikan bahwa sedikitnya harus ada tujuh orang petugas sensus yang membantu memandu masyarakat dalam melakukan sensus secara online. "Cibeureum kulon terdiri dari 3 dusun, 7 RW dan 14 RT, sedikitnya harus ada 7 orang pemandu sensus untuk masing masing RW yang membimbing masyarakat dalam mengisi sensus online," ujar Kades Suhena, Minggu  (9/2/2020)

Suhena menyampaikan  petugas sensus yang akan membimbing masyarakat terlebih dahulu diberi pelatihan dan pengarahan, pada Jumat (7/2) di Kantor Desa Cibeureum Kulon.  "Ketujuh orang petugas sensus tersebut telah mengisi formulir dan melengkapi persyaratan sekaligus diberikan pengetahuan untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat yang akan melakukan sensus secara online," katanya.

Menurut  Kades Suhena, S.Sos. kini pihaknya tengah gencar melaksanakan sosialisasi Sensus Online kepada masyarakat, sehingga optimis melalui upaya yang dilakukannya 50% masyarakatnya akan ikut berpartisipasi dalam sensus online. sehingga bagi penduduk yang belum berpartisipasi dalam SPO (Sensus Penduduk Online) akan dicatat oleh petugas pada Juli 2020 nanti. "Melalui setiap sosialisasi yang dilakukan kami, setidaknya 50% masyarakat dapat berpartisipasi dalam SPO ini, dan sisanya akan dicatat oleh petugas lain pada bulan juli 2020," katanya. (rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)