JATINUNGGAL -  Desa Pawenang, Kecamatan Jatinunggal siap wujudkan Pawenang Manis. Sejumlah upaya telah dilalukan Pemdes Pawenang dalam menyukseskan visi 'Manis' tersebut.  Kepala Desa Pawenang, Dede Tahya nenyebutkan, Manis adalah kepanjangan Maju, Agamis,Nyunda, Inovatif dan Sejahtera.  "Kami bertekad visi dan misi yang kami laksanakan bisa bermuara untuk kesejahteraan masyarakat kami," kata Dede, Senin (1/6/2020).

Menurutnya, masyarakat harus maju dengan dilandasi oleh pendidikan dan pengetahuan yang luas. Pendidikan tentunya harus didasari agama yang kuat. Sejumlah upaya terkait pendidikan dan agama banyak yang sudah dilakukan diantaranya mendorong warga agar bisa menyekolahkan anaknya. Kemudian dalam keagamaan warga disarankan untuk memperbanyak aktivitas ibadah.  "Sebagai orang sunda kita juga harus nyunda dalam perilaku. Orang sunda terkenal dengan ramah, silih asah silih asih dan silih asuh," ujarnya.

Dede menyebutkan kunci dari kemajuan adalah inovatif. Pemdes Pawenang telah mendukung program-progtam inovatif yang dilalukan pemuda atau karang taruna dalam menciptakan berbagai produk kerajinan yang bisa dijual, contoh pembuatan kerajinan berbahan kertas koran.

Muara dari semua program kata Dede tentunya adalah tercipta kesejahteraan bagi masyarakat Pawenang.  "Sinergi antara Pemdes dan warga disini penting untuk mencapai visi yang dicanangkan," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)