DARMARAJA - Warga Cisema Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja akan menyiapkan berbagai macam menu makanan untuk dijual di pusat kuliner Cisema.
Bangunan pusat kuliner yang berada di pinggiran perairan bendungan itu hingga kini masih dalam tahap pembangunan. "Warga terutama yang pedagang sudah bersiap menempati jika nanti pusat kuliner rampung dibangun. Untuk persiapannya banyak pedagang yang sudah merencanakan jenis panganan yang akan dijualnya nanti," ujar Pjs Kades Pakualam, Sabidin, Selasa (24/11/2020).

Selain, nasi liwet, ikan bakar yang sudah biasa disajikan,  warga juga akan berjualan panganan tradisional lainnya sebagai pelengkap jajanan di area wisata. "Sempat ada pelatihan terkait inovasi berbagai panganan tradisional. Mudah-mudah nantinya bisa dikembangkan oleh pedagang. Sehingga menambah ragam kuliner," ucapnya 

Sabidin mengatakan, setiap pedagang sudah saling koordinasi terkait jenis kuliner yang akan dijual. Sehingga antara pedagang dengan pedagang lainnya bisa menjual panganan yang berbeda. "Ya misal pedagang yang satu jual panganan tutug oncom yang lainnya bisa saja nasi bakar. Banyak varian kan jadi banyak pilihan," ucapnya.

Ia berharap warga bisa memanfaatkan bangunan pusat kuliner sebagai aktivitas perkembangan ekonomi bagi warga pedagang di Cisema. Sehingga tingkat kesejahteraan warga Cisema bisa berkembang. "Mudah-mudahan nanti ekonomi warga bisa berkembang. Karena kami yakin setelah Cisema ditata menjadi kawqsan wisata akan banyak pengunjung yang datang dan bisa mau membelanjakan uang di kawasan wisata Cisema," katanya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)