JATIGEDE - Pemerintah Kecamatan Jatigede mengajak para pelaku usaha kecil untuk mengunakan internet dan medsos dalam mengembangkan usahanya.
Warga bisa memanfaatkan jejaring internet dan medsos sebagai alat promosi, informasi bahkan diskusi. "Sekarang sudah ada kemudahan dengan memanfaatkan media sosial untuk promosi dan memasarkan produk para pelaku usaha. Harus diakui dengan adanya medsos produk yang dibuat pelaku usaha lebih cepat diketahui konsumen," ujar Camat Jatigede, Widodo Heru, Kamis (12/11/2020).

Wilayah di Jatigede yang terpisahkan jarak, harus bisa disiasati dengan adanya teknologi informasi seperti medsos  "Misal petani mangga gincu di Kadu atau Lebaksiuh bisa menjajakan promosi di medsos. Jadi pembeli dari wilayah yang jauh tahu. Tinggal bagaimana nanti komunikasi transaksinya," katanya.

Widodo juga menyebutkan,penggunaan medsos untuk para pelaku usaha akan berdampak positif. Dan memungkinkan membangun jejaring konsumen. Sehingga produksi atau hasil bumi dari warga bisa dengan mudah diketahui dan terjual.  Penggunaan medsos di jalur positif ini, kata dia harus dicontoh oleh pemerintah desa. Agar masyarakat bisa meniru dan menerapkannya dalam hal positif. "Ya bisa saja sekarang hasil panen berbagai komoditas yang ada di Jatigede kan bisa cepat dipasarkan. Banyak komoditas yang dihasilkan dari Jatigede seperti tembakau, kacang gondolo, kacang tanah, mangga gincu, semangka dan produk kerajinan warga," ujarnya. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)