Pelatihan Jeruk Nipis Kampung KB Palasah Desa Ciawitali Kec.Buahdua Kab.Sumedang.


Baca juga : Pencanangan Kampung KB Wisata di Jawa Barat dan Gerak Rebranding Mobil Unit Penerangan KB (Mupen) 3.0 (Ayo Cegah Stunting).


Pemberdayaan Ekonomi Keluarga dalam masa Pandemi Covid-19 merupakan salah satu upaya dalam mendukung Visi dan Misi Program Kerja Bupati Sumedang, berkaitan dengan hal tetsebut Disnakertran bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. Sumedang melaksanakan Pelatihan pengolahan jeruk nipis sebagai salah satu potensi Desa Ciawitali Kec. Buahdua kabupaten Sumedang..Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala DPPKB Kab. Sumedang Hj. Ani Gestapiani, S.K.M.,M.A.P, dalam arahannya pada kegiatan pelatihan tersebut diantaranya yang menjadi fokus perhatian adalah Generasi muda di Kabupaten Sumedang harus Kreatif dan Inovatif agar dapat meningkatkan kemandirian, kesejahteraan dan berkreasi dalam pengembangan potensi yang ada, turut hadir pada acara pelatihan tersebut di antaranya adalah Kepala Dinaaskertrans yang di wakili oleh Drs. Gunawikarya, Kepala Seksi Advokasi dan KIE, Kepala Desa Ciawitali, Kepala UPTD Dalduk wil. Buahdua serta unsur lainya sedangkan di UNPAD sebagai Narasumber.

Nantinya jeruk nipis ini akan di olah menjadi fruit leadther, jeruk nipis instan dan jelly di Desa Ciawitali saat ini cukup banyak tersedia jeruk nipis yang sengaja di tanam oleh masyarakat namun belum memiliki nilai ekonomis dengan adanya pelatihan ini diharapkan akan meningkatkan jiwa wirausha anggota kelompok UPPKS Kampung KB Palasah Desa Ciawitali Kec. Buahdua sehingga mereka dapat meningkatkan pendapatan keluarga dan juga mengurangi pengangguran di Desa Ciawitali.


18-11-2020

Berita Terkait