Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik Model Biokonversi BSF bersama Wakil Bupati


Baca juga : Usai Subuh Berjamaah, Bupati Tinjau Pembangunan Jalan di Ujungjaya


CIMALAKA - Sabtu (21/11/2020) Wakil Bupati Sumedang (H. Erwan Setiawan.,SE) menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dengan Model Biokonversi BSF, bertempat Dusun Ciburial Desa Licin Kecamatan Cimalaka Sumedang.

Wakil Bupati Sumedang menyampaikan Hampir semua kegiatan sehari-hari menghasilkan limbah dan sampah. Sampah dianggap menjadi ancaman serius bagi masyarakat, bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan sekitar, sampah dianggap dapat mengurangi lahan produktif. Karena itu, dibutuhkan sebuah cara dalam penanganan dan pemanfaatan limbah. Salah satunya dengan pemanfaatan maggot dari lalat Hermetia illucens (black soldier fly/BSF) yang berfungsi untuk mengurai sampah. Binatang kecil ini mampu mengurangi 80% sampah rumah tangga dan limbah pengolahan pabrik. Bahkan, maggot BSF yang kaya akan protein, membuat larva ini bisa dijadikan sebagai pakan ikan dan unggas.

Dengan pelatihan ini kita harus mempunyai rasa kesadaran lingkungan dan tanggap terhadap kebersihan lingkungan, dengan mendaur ulang kembali bentuk sampah organik menjadi kemajuan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid ini. Diskominfosanditik


Sumedang simpati

Berita Terkait