GEDUNG NEGARA - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, pembangunan jalan lingkar (Jaling) Utara Jatigede tahap dua, sesuai yang pemkab usulkan kepada Kementerian PUPR. "Alhamdulilah sesuai usulan kami  kepada Kementerian PUPR melalui ibu Sekjen PU waktu itu. Kami usulkan kembali untuk pembangunan jalan lingkar utara Jatigede tahap ke dua 2021 tahun ini," kata Dony, Selasa (16/2/2021).

Dikatakan, untuk pembangunan Jaling Utara tahap dua, dari mulai Warung Ramping Desa Pajagan sampai blok Keramat Desa Cigintung Kecamatan Cisitu, yang mengarah ke Cisema ini, sudah dialokasikan anggaran dari Kementerian PUPR sebesar Rp 17 miliar lebih. "Jalan lingkar selatan sudah ada, lingkar timur sudah ada, sekarang lingkar utara sampai barat kami selesaikan. Mudah-mudahan tahun depan kami usulkan lagi dari Keramat sampai Pasiriingkik, Desa Cinangsi, Kecamatan Cisitu," ujarnya.

Jika semua jalan lingkar tersambung, lanjut bupati, maka perairan Waduk Jatigede akan dikelilingi jalan-jalan yang panjang, lebar, dan berskala nasional.
Dengan ditingkatkannya Jaling Utara ini, kata Dony, akan memudahkan akses ke tempat wisata. "Jadi wisatawan akan menemukan jalan yang bagus terus. Mau ke Cisema Puncak Damar, Kampung Duriat, Panenjoan, PJG dan sebagainya," tuturnya.

Peningkatan ruas jalan lingkar Jatigede ini, kata bupati, merupakan upaya Pemda Sumedang mengembangkan wisata Jatigede, dengan tersedianya akses yang baik. "Sehingga orang mudah datang ke tempat-tempat wisata tersebut. Kalau wisata maju akan menggerakkan ekonomi, yang akahirnya mensejahterakan masyarakat sekitar, terutama saya ingin yang bekerja di sana adalah OTD Jatigede," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)