SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA-
Pemilik warung kuliner di kawasan Buricak Burinong, Cisema Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja mulai membongkar warungnya, sehubungan dengan akan dimulainya pembangunan pengembangan kawasan wisata di Cisema.
Tokoh masyarakat Cisema, Sofyan Iskandar menyebutkan,pembongkaran warung dilakukan secara sukarela oleh pemilik warung dibantu masyarakat setempat. 
Adapun kata dia, warung yang dibongkar sejumlah 24 bangunan dengan masing-masing warung berukuran sekitar 8x8 meter. Sebanyak 24 warung tersebut kesemuanya berjualan makanan yang biasanya melayani pengunjung ke pesisir perairan Bendungan Jatigede.
"Saat ini kami mulai melalukan pembongkaran. Untuk biaya pembongkaran kami sendiri yang mengeluarkan hanya ada kompensasi dati pengembang untuk biaya mengangkut material," ujar Sofyan.
MenurutSofyan, hal ini merupakan dukungan masyarakat dalam mewujudkan penataan dan pengembangan kawasan wisata Jatigede sebagaimana yang direncanakan Pemkab Sumedang.
Kemudian, tambah Sofyan, setelah melaksanakan pembongkaran warung di pesisir, pemilik akan mendirikan warung di tempat sementara yang sudah disiapkan Pemdes Pakualam.
"Jadi warga juga tetap masih bisa jualan di tempat sementara tak jauh dari tempat semula yaitu sekitar 70 meter," katanya.
Para warga pemilik warung berharap, setelah adanya pengembangan kawasan wisata di Cisema, diharapkan bisa mendongkrak sektor perdagangan kecil terutama untuk warga Cisema dan Pakualam.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)