Penulis: Endan Dodi Kusnaedi | Editor: Vera Suciati

RANCAKALONG - Pemberian Vitamin A pada kegiatan Bulan Penimbangan Bayi dan Balita (BPB) diwilayah Kecamatan Rancakalong optimis tercapai 100%. Sementara itu berdasarkan data hingga 17 Februari jumlah Balita yang telah mendapatkan vitamin A sudah mencapai 80,41%. 

Kepala Puskesmas Kecamatan Rancakalong Yayat Nurhidayat mengatakan jumlah sasaran penerima vitamin A di wilayah Kecamatan Rancakalong total ada 2705 balita.

"Berdasarkan rekap per 17 Februari kemarin sasaran yang telah mendapatkan vitamin A sebanyak 2175 atau sekitar 80,41%," kata Yayat, Senin, 20 Februari 2023.

Menurut Yayat, pemberian vitamin A terhadap balita ini dilakukan di setiap posyandu bersamaan dengan kegiatan penimbangan yang sudah rutin dilakukan setiap bulan. Dalam pelaksanaan dilapangan pemberian vitamin A dilakukan oleh kader posyandu bekerjasama dengan bidan dan juga TP PKK.

"Pemberian vitamin A setiap posyandunya memang tidak bersamaan tetapi disesuaikan dengan jadwal masing masing, namun demikian targetnya pada bulan Februari ini semua sasaran dipastikan mendapatkan vitamin A," tambah Yayat.

Lebih lanjut dikatakan Yayat, pemberian vitamin bagi balita usia 6 - 59 bulan ini penting dilakukan, karena dapat mencegah kekurangan Vitamin A dan kebutaan (buta senja), juga meningkatkan sistim kekebalan tubuh sehingga mengurangi kejadian kesakitan dan kematian pada balita. (*)

(penerbit: sumedangkab.go.id)