Pembinaan Administrasi Keuangan Desa Tingkat Kecamatan Tomo


Baca juga : Penetapan dan Pengundian Nomor Urut Calon Kepala Desa di Kecamatan Tomo


TOMOKEC.SUMEDANGKAB.GO.ID, T O M O – Rabu, (26/08/2020) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Tomo telah dilaksanakan kegiatan Pembinaan Administrasi Keuangan Desa Tingkat Kecamatan Tomo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sebanyak 27 orang peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, dan Kaur Keuangan Desa se-Kecamatan Tomo. Narasumber yang hadir diundang langsung dari Inspektorat Kabupaten Sumedang, BPKAD Kabupaten Sumedang, dan Dinas PMD Kabupaten Sumedang.

Camat Tomo, Asep Atang Junaedi dalam sambutannya mengatakan bahwa beberapa tahun belakangan ini, pemerintah sedang giat melakukan proses pembangunan desa dengan tujuan untuk melancarkan proses pembangunan serta mensejahterakan masyarakat. Dalam hal ini, pemerintah pusat lewat Kementrian Desa dan PDTT bersama sama dengan pemerintah daerah mengalirkan dana desa dengan jumlah yang tentunya tidaklah sedikit.

Dana desa tersebut sepenuhnya akan dipakai untuk mendukung berbagai program pemerintah desa dan semuanya harus dirangkum dalam sebuah laporan keuangan sebagai bentuk dari pertanggung jawaban. Administrasi keuangan juga berisi tentang catatan dana rumah tangga kantor desa yang keluar dan masuk. Seperti lembaga lainnya, administrasi keuangan bukanlah hal yang bisa dianggap sepele bahkan bisa dikatakan sangat krusial.

Camat Tomo juga berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar terus menjaga integritas dan kredibilitas dalam hal pengelolaan keuangan Desa. “Jaga terus integritas dan kredibilitas, karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk bukti pengabdian kita kepada masyarakat”pungkasnya. (Asep Komarudin/ Agus RH)


#sumedangsimpati #bersamamembangunsumedang

Berita Terkait