KODIM -  Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan anggota masyarakat lainnya mengikuti kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Semester Ill TA. 2020, di Aula Makodim 0610/Sumedang, Jumat(14/8/2020).

Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa melalui Pasiter Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Lesly Darmawan membuka  kegiatan tersebut. Kegiatan yang bertemakan “Mengoptimalkan Deteksi Dini, Cegah Dini, Temu Cepat dan Lapor Cepat bagi Apkowil Melalui Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial" diikuti 50 orang peserta. |”Penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wujud pembinaan mitra karib untuk pencapaian keberhasilan tugas pokok TNI,” katanya.

Salah satunya, terang dia,  memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.  “Untuk TNI AD, pemberdayaan wilayah pertahanan darat dilakukan melalui pembinaan territorial,” katanya.

Pembinaan teritorial ini dalam penerapannya dilaksanakan dalam bentuk pembinaan mitra karib terpilih atau  jaring teritorial sebagai kepanjangan tangan aparat komando kewilayahan dalam upaya mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya. "Ini semua dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram dan dinamis serta terpeliharanya kondusifitas wilayah sehingga keberlangsungan pembangunan di daerah," ujarnya.

Kegiatan pembinaan mitra karib ini sebagai upaya untuk mewujudkan dan memperkokoh Kemanunggalan TNI dan Rakyat.   "Apabila masih ada pihak-pihak yang menginginkan TNI lepas dan terpisah dari rakyat, berarti tidak memahami sejarah," katanya. [nsa]

(penerbit: sumedangkab.go.id)