SUMEDANG - Wakil Bupati Sumedang, H. Erwan Setiawan, menjadi narasumber pada Pembinaan dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tingkat Kecamatan Tahun 2023 di Aula Kecamatan Rancakalong, Sumedang. Jawa Barat, pada Selasa (22/08/2023).

Wabup Erwan, mengapresiasi capaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kecamatan Rancakalong yang dari tahun ke tahun meningkat pesat.

"Ini bisa dibuktikan dengan SAKIP yang diraih pada Tahun 2022 dengan nilai 83 poin lebih atau Predikat A. Capaian yang luar biasa untuk tingkat  kecamatan dengan kategori 'Sangat Baik'," Ujarnya.

Wabup menerangkan, awalnya lima tahun yang lalu Kecamatan Rancakalong capaiannya terendah se-Kabupaten Sumedang yakni hanya meraih 11 poin. 

"Alhamdulillah selama 5 tahun bisa meningkat sebesar 72 poin lebih. Sekarang 83,4389. Ini capaian yang sangat luar biasa," terangnya. 

Oleh karena itu, Wabup mengapresiasi seluruh pegawai Kecamatan Rancakalong atas kinerjanya. 

"SAKIP Kecamatan Rancakalong mungkin yang terbaik di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang. Tingkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Kalau SAKIP sudah baik, insyaallah pelayanan kepada masyarakat semakin mudah," ungkapnya.

Terakhir Wabup meminta maaf apabila selama dirinya menjabat masih banyak kekurangan dan 'PR' yang belum diselesaikan. 

"Kami berusaha Visi Misi kami Sumedang Simpati selesai di 2023. Tanggal 20 September saya akan menyelesaikan jabatan. Kami mohon maaf dan mohon doa semoga di akhir jabatan _husnul khotimah_. Semoga ke depan Sumedang semakin maju siapapun pemimpinnya," ucapnya. 

Sementara itu, Camat Rancakalong Cecep Supriatna dalam sambutannya mengatakan, Kecamatan Rancakalong dari target Indikator Kinerja Utama sudah terlampaui. 

"Kualitas layanan publik alhamdulilah target di Tahun 2022 di angka 88,28 dan realisasinya sudah 93. Artinya poin ini sudah melampaui target dan layanan yang diberikan kepada masyarakat sudah terlayani dengan baik," ucapnya. 

Cecep menerangkan, terkait akuntabilitas kinerja Kecamatan yang diukur pada aspek pelaksanaan, Zona Integritas, capaian WBK dan SAKIP juga menunjukkan kenaikan. 

"Alhamdulilah Kecamatan Rancakalong saat ini ditetapkan menjadi salah satu dari 16 OPD yang melaju ke tingkat nasional sebagai perangkat daerah yang menetapkan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM," Pungkasnya.(diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)