SUMEDANG - Kamis, (25/11/2021) Departemen Komunikasi & Korporasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran menyelenggarakan Webinar dengan tema ‘Strategi Komunikasi Publik Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19’.

Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST., MM) hadir sekaligus menjadi pemateri pada webinar tersebut. Webinar ini diikuti oleh para mahasiswa dan masyarakat umum dengan dua narasumber lainnya dari Wakil Dekan Fikom Unpad (Prof. Dr. Atwar Bajari, M.Si) dan Dosen Prodi Humas Fikom Unpad (Dr. Heru Ryanto Budiana, M.Si)

Dalam sambutan sekaligus paparannya, Bupati Sumedang menyampaikan materi terkait 'Komunikasi Publik Pemerintah Kabupaten Sumedang di Masa Pandemi Covid-19'. Ia menjelaskan, strategi Pemda Sumedang dalam menanggapi pandemi Covid-19 yaitu dengan Transformasi dan Reformasi Birokrasi, Mobilisasi serta Orkestrasi.

Pada Transformasi dan Reformasi Birokrasi, Pemda lakukan Optimalisasi E-Office, pengendalian WFH melalui aplikasi Mauneh, dan akuntabilitas kinerja (SAKIP) Desa di era pandemi. Lalu, dari Mobilisasi dan Orekstrasi, Pemda lakukan Pendataan, Penyaluran dan Pemantauan Bantuan Sosial melalui aplikasi Sapawarga & Mauneh melalui misi kemanusiaan pemakaman terduga Covid-19 oleh Tim Pemakaman Tingkat Desa, Bangkitnya para relawan dalam penanganan Covid-19, Penyiapan Wisma Isolasi Rumah Titirah Simpati, Gerakan Sejuta Masker & ASN Peduli Covid, Gerakan Nasi Bungkus (GASIBU) yang melibatkan PKK di tingkat Desa/Kelurahan, dan Akselerasi Vaksinasi berbasis kewilayahan, kolaborasi dengan Pentahelix.

Bupati juga menambahkan terkait dukungan Teknologi Informasi dalam mendukung transparansi dan percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang melalui, Aplikasi MAUNEH, MAIJAH, MARKONAH, AMARI Covid-19 dari Unpad, WA KEPO, dan E-Office Kabupaten Sumedang.

Tidak hanya itu, Bupati menyebutkan beberapa langkah-langkah dalam mengimplementasikan kebijakan penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumedang melalui sosialisasi massive edukasi dengan bersama Perangkat Daerah/Humas/Diskominfosanditik melakukan Wawar Keliling, menyebarkan Booklet, Leaflet, Handbook, Baligo, dan Spanduk terkait Covid-19, adanya Desa Siaga Corona, bekerjasama dengan media masa, cetak dan elektronik, memanfaatkan secara maksimal media sosial, menggerakkan modal sosial (Satgas Covid-19 di Desa, Tempat Ibadah, Tempat Wisata, Perkantoran, Pusat Perbelanjaan & Pusat Keramaian). (diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)