SUMEDANGKAB.GO.ID, BUAHDUA - Pemerintah Desa Karangbungur, Kecamatan Buahdua bersama warga masyarakat melakukan gotongroyong pembangunan tanggul penahan banjir di Blok Walahar yang menjadi lokasi aliran Sungai Cikandung.

MenurutPenjabat Kepala Desa Karangbungur Nana Sukarya, upaya ini dilakukan dalam upaya mengatasi banjir di musim hujan yang mengancam areal persawahan milik petani.

"Saat ini masuk musim penghujan jadi sebagai antisipasi agar tidak terjadi banjir lagi kami bersama masyarakat membangun tanggul penahan banjir," jelas Nana, Selasa (3/11/2020).

Dijelaskan Nana, tanggul penahan banjir ini terbuat dari bronjong kawat yang diisi dengan batu sepanjang kurang lebih 25 meter dengan tinggi 2 k
meter dan untuk dananya diambil dari anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Dijelaskan dia, banjir luapan air Sungai Cikandung ini diakibatkan terjadinya pendangkalan aliran sungai Cikandung di blok tersebut. Idealnya memang harus dilakukan normalisasi aliran sungai Cikandung, terkendala alat berat.

Namun demikian, pemasangan bronjong ini juga setidaknya bisa menahan air sehingga tidak mengakibatkan banjir lagi pada areal pesawahan milik petani. ***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)