Penulis : Agun Gunawan | Editor : Deddi Rustandi

MANGUNARGA - Pemerintah Desa (Pemdes) Mangunarga, Kecamatan Cimanggung terus berupaya menekan angka pengangguran dengan berbagi cara. Salah satunya, berkoordinasi dengan perusahaan agar memberdayakan warganya untuk bekerja di perusahaan, yang ada di wilayah Desa Mangunarga. "Banyaknya bangunan pabrik dan beberapa perumahan, membuat wilayah kami minim lahan pertanian. Yang menjadi tumpuan warga mencari penghasilan yakni menjadi buruh pabrik atau jadi pedagang, ada sejumlah pabrik di kawasan kami," ujar Kades Mangunarga Pepen, Selasa (14/2/2023).

Selain itu, kata kades, Pemdes Mangunraga juga berusaha memaksimalkan lahan pertanian yang ada, meskipun luasannya minim. Kalaupun ada warga yang berkebun, melakukannya dengan metode tumpang sari. Adapun luas wilayah Desa Mangunarga hampir 158,9 hektare dengan jumlah penduduk kurang lebih 6.700 orang. "Untuk mendongkrak perekonomian warga, kami terus berupaya bahu membahu berupaya menggali potensi desa, memanfaatkan lahan seluas 250 bata kami sulap menjadi alun-alun desa berbasis wisata alam dan sarana olahraga," katanya.

Kendati demikian, pihaknya juga menyoroti warga yang berdagang, atau pelaku UMKM. Pemerintah desa, kata Pepen, terus mengupayakan warganya agar berjualan ditempat yang lebih nyaman, strategis agar banyak pembeli. "Kami, upayakan semaksimal mungkin agar masyarakat bisa memiliki penghasilan, baik itu berdagang maupun bekerja, sehingga masyarakat bisa sejahtera," ujarnya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)