JATINUNGGAL - Pemerintah Desa Sarimekar, Kecamatan Jatinunggal siap mendukung panitia pilkades lokal guna menyukseskan pelaksanaan pilkades serentak gelombang tiga tahun 2020. Tahapan yang sudah dilakukan Pemdes Sarimekar bersama panitia antara lain sudah mengesahkan daftar pemilih tetap (DPT), menyiapkan tahapan kampanye dan pemetaan TPS (tempat pemungutan suara) tambahan. "Secara umum kami sudah siap menggelar pilkades serentak di desa kami. Beberapa tahapan sudah terlaksana," ujar Pjs Kades Sarimekar, Cicim, Selasa (1/12/2020).

Perihal jumlah DPT Desa Sarimekar yang sudah di sah kan terhitung 5.626 orang. Dari jumlah ini biasanya tidak semua hadir dalam pelaksanaan pilkades nanti. "Pada Senin (30/11/2020) panitia telah mengesahkan DPT yang diketahui, semua calon kades, BPD dan tokoh masyarakat. Mudah-mudahan data ini bisa dipertanggung jawabkan," kata Cicim

Selanjutnya, kata Cicim, karena pelaksanaan pilkades berlangsung saat pandemi dan juga sesuai intruksi pemerintah kabupaten, maka ada penambahan TPS guna menghindari kerumunan pemilih. "Penambahan jumlah TPS juga menjadi prioritas tahapan. Sehingga ada perubahan pada jumlah TPS. Diperkirakan TPS akan dibuat di masing-masing kampung," katanya.

Ia juga menegaskan, selain penambahan jumlah TPS, akan dianggarkan kebutuhan pencegahan Covid-19. (nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)