SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU - Para perajin perahu kayu di seputaran Waduk Jatigede diharapkan meningkatkan kualitas perahu kayu buatannya. Untuk meningkatkan kualitas produk harus dilakukan pelatihan-pelatihan.

"Dalam pembuatan perahu itu pastinya ada standar nasionalnya, jadi harus memenuhi standar untuk sebuah perahu yang bisa beroperasi dengan mengedepankan keselamatan tentunya," kata bupati, Kamis (18/6/2020).

Oleh karenanya, Pemkab Sumedang siap memfasilitasi pelatihan pembuatan perahu kayu bagi warga eks OTD Jatigede. Dony menegaskan, berkomitmen mengembangkan keahlian para perajin perahu, selain pelatihan, yakni dengan bantuan modal dan pemasarannya.

 "Perajin perahu harus diberikan pelatihan-pelatihan agar kualitasnya meningkat, benchmark oleh ahli-ahli perahu. Nanti saya tugaskan Dinas Perindustrian untuk memetakan dulu perajinnya ada berapa orang yang ahli. Yang sudah ahli memberikan pelatihan-pelatihan kepada warga lainnya yang berminat," tuturnya.

Lebih jauh, bupati mengapresiasi kreatifitas warga eks OTD yang bisa kembali menemukan mata pencahariannya pasca digenangnya Bendungan Jatigede.

"Mereka (OTD) berkreasi, menjadi subjek, bukan objek di Jatigede ini, dengan cara membuat perahu yang akan digunakan oleh nelayan di daerah Jatigede atau wisata," tuturnya. ***(rsi)

(penerbit: sumedangkab.go.id)