SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Pemkab Sumedang terus menerus melakukan rapid tes. Total sampai hari ini, Rabu (19/8/2020), sudah ada 13.000 tes virus koronaykorona dilaksanakan ke sasaran-sasaran orang. Masifnya tes tersebut, membuat temuan an ka kasus positif korona melonjak tinggi.
"Terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Sumedang beberapa hari terakhir ini disebabkan Pemkab Sumedang terus melakukan tes swab yang begitu masif, yaitu telah dilaksanakan 5.800 tes PCR dan 7.500 tes rapid sehingga totalnya 13.300 tes," kata Bupati Dony Ahmad Munir,  Rabu (19/8/2020).
Dalam menghadapi lonjakan kasus covid 19 saat ini, bupati meminta seluruh perangkat daerah dan masyarakat untuk menyiapkan langkah-langkah yang luar biasa. Dari 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Sumedang, 15 kecamatan memiliki keterkaitan kasus Covid-19 dan 11 kecamatan tidak ada kasus.
"Minggu ini akan menghadapi long weekend. Jadi kami minta Gugus Tugas Desa bisa diefektifkan kembali. Selain itu, kami juga minta Dinkes agar menyiapkan tim pemantau khusus untuk isolasi mandiri," tambahnya.
Selain itu Bupati juga meminta kepada para camat agar menyiapkan tempat isolasi mandiri di tiap-tiap kecamatan dan mengaktifkan kembali Gugus Tugas Desa.
Lebih lanjut dikatakan Bupati untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, kepada ASN yang memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta agar tidak mendatangi tempat-tempat umum dan diperbolehkan melakukan WFH.
"Pastikan satgas internal di tiap SKPD untuk memastikan protokol kesehatan dilaksanakan secara benar," tambahnya.
Sedangkan untuk satgas ekaternalnya agar mengecek protokol kesehatan ke tempat-tempat yang menjadi sasarannya masing-masing seperti industri, pasar, tempat wisata, terminal, dan lainnya.***(end)

(penerbit: sumedangkab.go.id)