Penulis : Ade Widi | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Rektor Ikopin University Prof. Agus Pakpahan bersama perwakilan dari Gyeongsang National University, Korea Selatan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Hj Tuti Ruswati dalam audiensi di Ruang Rapat Sekda, PPS, Selasa (24/09/2024).

Tuti menyebutkan, audiensi tersebut membahas penanganan masalah sampah di Kabupaten Sumedang dimana pada tanggal 27 September 2024 Tim Penyusun Feasibilty Study (FS) Gyeongsang National University, Korea Selatan sebanyak 10 orang akan hadir langsung ke Sumedang. "Pada pertemuan ini mencari solusi bagaimana menangani isu strategis yang sangat krusial yakni penanganan sampah di Kabupaten Sumedang," kanya.

Ditambahkan Tuti, pengolahan sampah yang masuk ke Tempat Pengolahan Akhir Sampah (TPAS) Cibeureum di Kecamatan Cimalaka masih menggunakan metode manual untuk meratakan sampah.  "Pengelolaan sampah di TPAS Cibeuruem masih dengan sistem manual. Belum dilakukan dengan sentuhan-sentuhan teknis yang lebih modern," ujar Tuti.

Selama ini, lanjut Tuti, TPAS Cibeureum masih memberlakukan sistem open dumping yaitu sampah dibuang begitu saja dalam sebuah tempat pembuangan akhir tanpa ada perlakuan apapun. "Kami mengupayakan bagaimana TPA Cibeureum bisa dikelola dengan modern. Saya yakin dengan berkolaborasi dan kerja sama ini, kita bisa mengatasi segala permasalahan sampah di TPAS Cibereum dengan baik," katanya. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)