Penulis : Pupuh S Wijaya | Editor : Deddi Rustandi

PPS - Dinas Pendidikan bersama Balai Latihan Kerja (BLK) menggelar Sosialisasi Beasiswa Tiongkok Beijing untuk mempersiapkan para lulusan SMA/SMK yang siap terjun ke dunia kerja  di Aula Tampomas, Jumat, (19/5). Acara diikuti para kepala sekola SMA/SMK se Kabupaten Sumedang. Sosialisasi ini merupakan bincang bincang awal mengenai kerjasama antara Pemda Sumedang dengan sekolah SMA/SMK yang menjadi binaan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pemkab Sumedang juga berencana akan melakukan kerjasama dengan APKASI beasiswa untuk 30 anak anak untuk mengikuti program D3 dan S1 di Beijing Tiongkok China.

Sekda Herman Suryatman menyampaikan, kolaborasi ini sebagai bentuk ikhtiar Pemkab Sumedang untuk mendorong para lulusan yang siap kerja melalui sinergi SMA/SMK dengan BLK.  "BLK kami punya banyak paket pelatihan serta jejaring ke dunia usaha industri direkrut untuk ikut pelatihan di BLK supaya dikoneksi dengan dunia usaha, dunia industri supaya anak-anak Sumedang bisa menjadi pemimpin di berbagai sektor,"ujarnya.

Dikatakan sekda, dengan mempersiapkan para lulusan yang siap kerja, maka hal ini diharapkan akan berdampak pada penurunan angka pengangguran dan kemiskinan. "Anak anak harus kita persiapkan dengan baik menjadi generasi masa depan yang betul betul bermanfaat berkiprah didunia enterpreneurship," katanya.

Terkait dengan program beasiswa untuk 30 siswa yang lulus SMA/SMK yang akan di kirim ke Tiongkok, lanjut sekda, saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman dengan APKASI dan menunggu keputusan bupati.  "Kami masih pendalaman dengan APKASI, dan nanti akan diputuskan oleh bupati dan diback up oleh wakil bupati. Kalau sudah confirm kita akan bicarakan lebih jauh, tentu SMA SMK menyiapkan anak anak terbaik untuk dikirim ke China," kata Sekda Herman. [*]

(penerbit: sumedangkab.go.id)