SUMEDANGKAB.GO.ID, DARMARAJA - Untuk menampung bakat seni para remaja putra dan putri, kelompok pemuda Desa Sukamenak, Kecamatan Darmaraja mendirikan sanggar seni tradisional yang dibernama Kanemakus. Kini, sudah ada 50 orang bergabung dalam sanggar ini.

"Kami sudah memiliki sanggar tempat dimana kami bisa berlatih, bermain dan mengembangkan bakat para remaja yang hobi seni dan musik tradisional," ujar tokoh pemuda Desa Sukamenak, Sansan Setiawan, Rabu (19/8/2020).

Menurut Sansan, meski peralatan seni dan musik belum lengkap di sanggar itu, namun aktivitas latihan terus kontinyu hampir setiap sore. Ia menyebutkan, untuk melengkapi peralatan musik tradisionalnya, pihaknya bekerjasama dengan para pelaku seni budaya untuk saling meminjam atau menyewa.

"Untuk keseriusan mengembangkan minat remaja akan musik tradisional, malah kami sampai mendatangkan pelatih atau guru seni musik tradisional dari luar Sukamenak," ucapnya.

Meski belum lama berdiri, kata Sansan minat remaja akan seni dan musik tradional begitu tinggi. Dalam tempo cepat para remaja sudah bisa mentas dalam sebuah acara upacara adat sunda.

Dalam tempo dekat, sanggar akan berupaya melengkapi alat atau instrumens penunjang keberadaan sanggar, diantaranya kelengkapan gamelan. Adapun kegiatan di Kanemakus tersebut antara lain seni tradisional seperti degung, calung, reak dan upacara adat sunda.***(nsa)

(penerbit: sumedangkab.go.id)