Pemuda Harus Menjadi Penggerak Ekonomi


Baca juga : Pemuda Karang Taruna Tanam Jagung di Lahan Milik Desa
Karang Taruna Braja Paseh Kini Dipimpin Ujang Dedi
Kerjasama Turunkan Angka Kemiskinan


JATINUNGGAL - Pemerintah Kecamatan Jatinunggal mengajak pemuda di masing-masing desa berperan aktif dalam membangun pondasi ekonomi. Pemuda harus menjadi penggerak ekonomi agar masyarakat desa bisa berdaya. "Isu aktual yang harus dikedepankan pemuda adalah pembangunan ekonomi," ujar Camat Jatinunggal, Edi Wahyu, Minggu (16/8/2020).

Edi menilai, pemuda didaerah sangat potensial untuk digerakan. Di daerah banyak potensi yang bisa digali. Seperti sektor pertanian, perkebunan bahkan UMKM yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemkab Sumedang. "Tinggal kemauan saja. Mari bersama-sama membangun ekonomi dari potensi yang ada di daerah," katanya.

Ia menggambarkan, ketika tingkat perekonomian meningkat di suatu daerah akan berdampak besar pada pembangunan manusia. Sehingga pemuda harus diberikan kesempatan atau porsi yang banyak dalam membangun tatanan ekonomi. "Nah karang taruna sebagai wadah pemuda, pasti bisa membangun pemuda ke arah lebih maju," katanya.

Edi juga menyebutkan, pembangunan ekonomi kedepan menjadi tanggung jawab pemuda. Dengan demikian pemuda harus mampu berdaya. Ia juga menyebutkan, pemuda harus mulai kreatif membangun UMKM. Sektor ini adalah cikal bakal potensi usaha yang besar. Namun demikian, selain membangun kreativitas pemuda juga harus punya jaringan dengan memanfaatkan teknologi internet seperti medsos dan lainnya.  (nsa)


Karang Taruna, Paseh, Bongkok, Jatinunggal

Berita Terkait