CIMALAKA - Sabtu, (30/01/2021) Bupati Sumedang (Dr. H. Dony Ahmad Munir.,ST.,M.M) telah menghadiri kegiatan penanaman jagung di Desa Naluk Kecamatan Cimalaka Sumedang. Turut hadir Pangdam III Siliwangi, Kapolres Sumedang, Dandim 0610 Sumedang, Camat Cimalaka, Persit dan Bayangkari Sumedang serta tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sumedang bersama unsur Forkopimda melakukan giat penanaman jagung, hal tersebut dalam rangka mengembangkan program ketahanan pangan. Penanaman jagung tersebut dilaksanakan diatas lahan seluas ±2 hektar dengan varietas jagung BIOS-44 yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Distributor. Dalam kesempatan ini Bupati memberikan instruksi kepada Kepala Dinas Pertanian beserta stakeholder lainnya agar sektor pertanian selalu di perhatikan demi kelangsungan ekonomi para petani.

Hal senada telah disampaikan oleh Mayjen TNI Nugroho Budi Wiriyanto (Pangdam Tiga Siliwangi), bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 7 tahun 1996 tentang pangan yang mengamanatkan agar pemerintah bersama masyarakat harus mewujudkan ketahanan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup baik dalam jumlah maupun mutunya, aman merata dan terjangkau di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, Pemerintah harus dapat mengakselarasi pertumbuhan ekonomi agar tidak lagi menurun pertumbuhannya, salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan penanaman jagung yang telah dilakukan bersama dengan kelompok Tani Desa. Dalam mendukung ketahanan pangan perlu pemanfaatan bahan pangan lokal seperti jagung yang merupakan salah satu sumber pangan potensial yang dapat diversifikasi pangan dalam mendukung ketahanan pangan. (Diskominfosanditik)

(penerbit: sumedangkab.go.id)