BAPPENDA - Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang mencatat hingga tri wulan ketiga pendapatan dari pajak bumi dan bangunam (PBB) Kabupaten Sumedang baru mencapai Rp 51,1 Milyar. Jumlah ini baru mencapai sekitar 85,16% dari taget PBB Kabupaten Sumedang pada tahun 2021 ini sebesar Rp 60 Milyar.

Plt Kepala Bappenda Kabupaten Sumedang Rohana mengatakan target PBB tahn 2021 awalnya di murni sebesar Rp 80 Milyar namun diperubahan anggaran menjadi Rp 60 M.

"Dengan demikian kami dari Bappenda masih harus mengejar target Rp 60 Milyar hingga akhir tahun ini, dan kamipun cukup optimis target tersebut dapat tercapai," jelas Rohana, Rabu (6/10/2021).

Dijelaskan Rohana ada beberapa strategi yang dilaksanakan pihak Bappenda dalam mengejar target PBB agar tercapai yaitu dengan melakukan operasi sisir dengan sasarannya adalah desa-desa yang capaiannya rendah.Hal ini cukup efektif dilakukan dimana selama bulan Agustus dilakukan operasi sisir capaian PBB mengalami peningkatan yang signifikan.

Selain operasi sisir lanjut Rohana dalam upaya meningkatkan pendapatan PBB pihaknyapun  melakukan intensifikasi penagihan piutang PBB P2.

"Tentunya kami berharap dengan dua strategi ini pendapatan PBB di Sumedang dapat mencapai target yang telah ditetapkan," jelasnya. (edk)

(penerbit: sumedangkab.go.id)