DINKES - Momen liburan Natal dan Tahun Baru, pengemudi angkutan umum di Terminal Tipe A Ciakar menjalani pemeriksaan kesehatan, Selasa (29/12/2020). Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kondisi fisik pengemudi kurang prima.

Kasie Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Dinas Kesehatan Sumedang, Aan Sugandi mengatakan, pemeriksaan ini kerjasama antara Dinas Kesehatan, Puskesmas Situ, Kemenhub, dan kepolisian. "Sasaran utama pemeriksaan kesehatan ini adalah para pengemudi bus yang masuk Terminal Ciakar," katanya di lokasi.

Dikatakan, pemeriksaan kesehatan meliputi tinggi badan, berat badan, indeks massa tubuh (IMT), tekanan darah, dan gula darah.
"Ada juga konseling langsung yang dilakukan oleh dokter," ujarnya.

Kata Aan, dalam kesempatan itu ada 30 orang pengemudi angkutan umum yang diperiksa kesehatannya, dari target 100 orang. "Dari 30 orang yang dicek itu hanya satu orang yang tekanan darahnya tinggi, dan kami sudah tindaklanjuti dengan melakukan konseling dan treatment pada pengemudi tersebut," ucapnya. (agn)

(penerbit: sumedangkab.go.id)