Pengentasan Kemiskinan menjadi Prioritas Hasil Musrenbang Kecamatan Cisitu


Baca juga : Kecamatan Sumedang Selatan Gelar Pra Musrenbang
Kabag Humas Pimpin Rakor PPID Virtual


CISITU - Pemerintah Kecamatan Cisitu menggelar kegiatan Musrenbang bertempat di GOR Desa Cisitu, Rabu (10/2/2021). Berbeda dengan Musrenbang sebelumnya kegiatan musrenbang kali ini dilaksanakan secara virtual.

Plt Camat Cisitu Dadang Sundara mengatakan kegiatan Musrenbang dihadiri unsur Forkopimka, para kepala UPT, para kepala desa, Ketua BPD dan juga LPM. Adapun nara sumber dalam kegiatan musrenbang adalah dari Bapppeda Kabupaten Sumedang dan DPRD dengan difasilitasi FDM Kabupaten dan Kecamatan. "Alhamdullah walaupun dilakukan secara virtual, namun pelaksanaan muarembang tingkat Kecamatan Cisitu berjalan lancar," jelas Dadang Kamis (11/2/2021).

Dijelaskan Dadang, hasil dari kegiatan musrenbang ini adalah urutan prioritas program dan kegiatan yg diusulkan kepada sumber dana PIK, PI SKPD, APBD I dan APBN.
Adapun salah satu program prioritas adalah program pengentasan kemiskinan dengan pemberdayaan dan penguatan kapasitas Bumdes dan Bumdesma (Badan Usaha Milik Desa Bersama).

Dadang berharap dengan pemberdayaan Bumdes dan Bumdesma bisa meningkatkan geliat ekonomi masyarakat sebagai akibat pandemi Covid.  "Perlu diketahui Bumdesma ini merupakan  gabungan beberapa bumdes yang bekerjasama. Salah satunya transformasi UPDB / UPK menjadi Bumdesma (penyelamatan dana bergulir PNPM)," katanya. [edk]


Musrenbang, Virtual

Berita Terkait