Pengumuman Lomba Video Inovasi Daerah Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia


Baca juga : Forkopimka Cimanggung Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Atraksi Helikopter Memukau di Pembukaan Kejuaraan Dunia Paralayang


SUMEDANG SELATAN - Senin, (22/06/2020) Untuk mendukung dan mensukseskan Sosialisasi Tatanan Normal Baru, Kementerian Dalam Negeri melakukan Inovasi melalui Lomba Video Inovasi Daerah dengan peserta 460 Daerah 34 Provinsi 403 Kabupaten/Kota, dan 23 Kabupaten Tertinggal di seluruh Indonesia.
 
Telah dilaksanakan Pengumuman dan Penganugerahan Penghargaan Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 secara virtual melalui Zoom Meeting, bertempat di Gedung Negara Kabupaten Sumedang.
 
Seluruh jajaran Pemerintah Dalam Negeri, Pusat maupun Daerah harus berkolaborasi menyambut Tatanan Hidup Normal Baru. Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan sosial dan melemahkan perekonomian seluruh dunia termasuk Indonesia. Tatanan Normal Baru adalah harapan baru ditengah pandemi, mari kini bangkit menghadapi era terkini. Pemerintah Pusat dan Daerah, khususnya Kementerian Dalam Negeri bangkit menciptakan iklim yang kondusif.
 
Mendagri RI (M. Tito Karnavian) mengatakan, berbagai ahli kesehatan nasional maupun internasional menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 tidak akan berakhir dengan segera, bahkan diperkirakan akan bersama kita dalam waktu beberapa tahun kedepan, oleh karena itu dunia mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan pandemi ini. Berbagai negara melakukan inovasi untuk beradaptasi dengan Tatanan Kehidupan Baru (New Normal Life), karena tidak mungkin untuk terus menerus melakukan pembatasan secara ketat apalagi lockdown yang tentu juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan, ekonomi, psikologi sosial dan lain-lain. Upaya adaptasi ini, disampaikan Presiden RI (Ir. Joko Widodo) beberapa waktu yang lalu, dengan istilah Tatanan Kehidupan Produktif dan Aman Covid-19.
 
Berikut pemenang Juara I Lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru :
- Sektor Pasar Tradisional Covid-19 : Provinsi Bali
- Sektor Pasar Modern : Kabupaten Aceh Tamiang
- Sektor Restoran : Provinsi Lampung
- Sektor Hotel : Kota Pekanbaru
- Sektor Pelayanan Terpadu Satu Pintu : Kabupaen Trenggalek
- Sektor Tempat Wisata : Kabupaten Sigi
- Sektor Transportasi Umum : Kota Bengkulu
 
Dalam sambutannya Wakil Presiden RI (KH Ma'ruf Amin) sangat menghargai inisiatif Kemendagri untuk memperkuat kesiapan daerah memasuki Tatanan Normal Baru, yang tentunya diperlukan Inovasi yang akan menjadi kunci keberhasilan suatu daerah memasuki era produktif dan aman Covid-19. (Diskominfosanditik)


COVID-19, Sumedang Simpati

Berita Terkait